Tips Memilih Smartphone Andorid Yang Tepat

Tips Memilih Smartphone Andorid Yang Tepat - Smartphone Android dari awal kemunculannya memang selalu menarik perhatian banyak orang, bagaimana tidak smartphone android mampu menggulingkan eksistensi Blackberry yang sedang  digandrungi pada saat itu. Perlahan namun pasti ponsel pintar android merajai pasar ponsel  di dunia. Tidak heran jika para vendor smartphone berlomba-lomba untuk merilis ponsel yang berbasis system operasi android. Dari mulai kelas High end hingga low end, pertumbuhannya sangat cepat banyak sekali merk merk smartphone yang mengusung android. Namun jika dilihat dari segi konsumen atau kita para pecinta ponsel pintar pasti kebingungan dengan  banyaknya pilihan merk dan spesifikasi yang beredar di pasaran. Merk dan spesifikasi apa yang cocok untuk kita, alangkah baiknya simak dulu sedikit tips memilih smartphone android berikut.

memilih android


BUDGET
Tentunya dalam hal ini anda sendiri yang lebih paham.  Atur budget terlebih dahulu, berapa kisaran budget yang anda siapkan untuk memliki smartphone android yang anda inginkan. Hal ini dilakukan supaya anda bisa tepat memilih smartphone yang sesuai dengan budget yang anda punya.

TEPAT GUNA
Pilihlah Smartphone menurut kebutuhan anda, hal ini untuk mencegah anda salah memilih smartphone yang anda butuhkan. Jika anda membutuhkan smartphone hanya untuk chatting atau sosial media cukup pilihlah spek yang entry level saja, jangan memilih spek yang high level karena biasanya spek ini mendukung bagi yang suka bermain game dan menjalankan aplikasi berat, harganya pun cenderung lebih mahal daripada spek yang entry level, dengan begitu anda bisa menghemat biaya.

MEREK
Tidak bisa dipungkiri merek membawa efek besar pada perkembangan smartphone sekarang ini, mengingat banyak orang yang menjadikan smartphone sebagai gaya hidup dan menjadikan merek sebuah gengsi tertentu, maka merek merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan. Tidak sedikit orang berani mengeluarkan budget besar untuk sebuah merek smartphone tertentu walaupun dari segi spesifikasi lebih rendah dari smartphone lainnya. Namun saat ini sudah banyak merek smartphone berkualitas yang menjual produknya cukup murah tapi tidak murahan.

PERFORMA
Performa dalam smartphone ditentukan oleh bebrapa hal penting diantaranya Processor atau CPU (Central Processing Unit), GPU (Graphic Processing Unit) dan RAM (Ramdom Acces Memory). Untuk CPU ditentukan oleh beberapa jumlah inti seperti Single, Dual, Quad hingga Octa core, adapun jumlah clock menetukan kecepatan frekuensi dalam sebuah processor ditentukan oleh satuan hertz seperti 1,2 Ghz, 1,5 Ghz dan 1,7 Ghz intinya semakin besar clock pada sebuah processor maka semakin cepat speed yang dihasilkan. Contohnya Qualcom Snapdragon, Nvidia Tegra, OMAP 3, Cortex-A9. GPU bertugas untuk mengolah tampilan seperti Image, Video dan Game  contoh Adreno, PowerVR dan Tegra. Sedangkan RAM bertugas sebagai penyimpanan memori sementara seperti kita menjalankan aplikasi atau game. Biasanya 3 faktor tersebut yang menentukan harga jual sebuah smartphone, semakin tinggi spesifikasi yang ditanam maka semakin mahal harga jual yang dipasarkan.

FITUR
Fitur yang ada pada smartphone memang banyak diantaranya adalah kamera, banyak orang yang mencari smartphone melihat dari kualitas kameranya. Semakin besar piksel yang dimiliki oleh kamera maka akan semakin bagus hasil kamera tersebut. Selain itu dari sisi konektivitas harus anda perhatikan mengingat salah satu inti smartphone adalah real time internet, dimana anda membutuhkan koneksi yang cepat dan stabil. Apalagi sekarang sudah ada smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE.  

LAYAR
Ukuran layar memang penting untuk kebutuhan anda, apakah anda memilih hanya ukuran pocket saja yang mudah dibawa kemanapun aktifitas anda. Atau apakah anda menginginkan kenyamanan dengan layar berukuran besar agar memudahkan pekerjaan anda. Itu tergantung selera anda yang terpenting adalah teknologi yang di usung layar tersebut sepeti adanya teknologi IPS, AMOLED, dan TFT.

REVIEW
Spesifikasi bagus atau merek terkenal tidak akan menjamin kepuasan anda dalam membeli smartphone, ada baiknya anda rajin membaca informasi atau review tentang smartphone yang sedang  anda incar. Anda bisa membeli Tabloid atau searching di internet, mengingat sekarang sudah banyak penyedia informasi di internet mengenai smartphone ter-update. Hal ini dilakukan supaya anda tidak salah pilih saat membeli smartphone untuk kebutuhan anda. Selain itu anda bisa melakukan survey harga di berbagai toko online di Indonesia, supaya anda bisa membandingkan spesifkasi, merk dan kisaran harga yang cocok untuk anda.


Sekian Tips Memilih Smartphone Andorid Yang Tepat, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari smartphone android sesuai kebutuhan yang diperlukan.

Related Posts: