Android Cepat Panas, Pahami penyebabnya

Android Cepat Panas, Pahami penyebabnya - Pengguna smartphone khususnya android banyak yang mengeluhkan cepat panasnya android smartphone yang digunakan, hal itu banyak faktor yang mempengaruhi. Terkadang disaat kita main game atau membuka aplikasi secara bersamaan semakin cepat menyebabkan panas pada smartphone. Bukan berarti smartphone yang digunakan itu bermasalah atau kesalahan dalam hardware yang digunakan, tetapi kita sedikitnya harus memahami penyebab panas pada smartphone kita. Berikut beberapa faktor yang menyebebkan ponsel android cepat panas.

android cepat panas

Kinerja Lebih
Kinerja yang berlebihan memang tidak bisa dihindari oleh para pengguna android, mengingat sekarang banyak aplikasi maupun game menarik namun cukup membutuhkan tenaga ekstra, apalagi dilakukan secara berjam-jam, hal itu memang akan memacu kinerja pada smartphone menjadi lebih dari biasanya sehingga menjadi cepat panas. Dalam hal ini solusi nya pahami dahulu spesifikasi smartphone yang anda gunakan, dengan begitu  anda bisa mengukur sendiri pemakaian rutin anda dan memilih aplikasi atau game yang lebih compatible dengan spek smartphone anda.

Aplikasi pada background
Hal ini memang sering tidak disadari oleh para pengguna smartphone android kebanyakan, yaitu lupa menutup aplikasi yang sudah dijalankan, atau ada beberapa aplikasi di android yang masih running di background pada saat kita close menggunakan tombol back, sehingga aplikasi tetap berjalan pada background, dengan begitu aplikasi akan semakin menumpuk pada background dan menambah kinerja pada hardware smartphone anda, secara tidak langsung anda melakukan multitasking yaitu membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan anda cukup menekan tombol home pada smatphone anda, tekan sampai keluar list aplikasi yang sedang berjalan dan anda bisa close satu persatu aplikasi yang tidak digunakan. Selain itu anda bisa mengunakan aplikasi task killer atau aplikasi semacamnya sudah banyak tersedia di Google Play Store.

Kondisi Sinyal
Kondisi sinyal memang tidak sepenuhnya ditentukan oleh perangkat smartphone itu sendiri, faktor geografis pun salah satu pengaruh untuk kekuatan sinyal smartphone anda, seperti cuaca sedang buruk atau daerah cukup terpencil yang masih belum sepenuhnya tercover oleh provider kartu layanan anda. Tentunya disaat kondisi seperti itu komponen pada smartphone akan bekerja keras untuk mencari sinyal yang lebih kuat. Sebaiknya jangan paksakan smartphone anda, coba non aktifkan mode internet pada smartphone anda.

Kuallitas Baterai
Kualitas baterai salah satu faktor yang harus anda perhatikan, karena baterai merupakan komponen terpenting pada smartphone, lihat usia baterai anda  apakah sudah terlalu tua untuk dipakai, bisa dilihat dari daya tahan baterai itu sendiri . Jika baterai yang anda pakai cepat habis tidak wajar maka segeralah ganti dengan yang baru tentunya lebih aman dengan yang original.


Related Posts: